BAHAYA KOLESTROL TINGGI TIDAK BOLEH DI REMEHKAN

APA ITU KOLESTROL

Kolesterol adalah zat berlilin yang terdapat pada seluruh sel tubuh. Faktanya, kolesterol adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon, vitamin D dan produk penting lainnya.

Secara alami, zat ini terbentuk di dalam organ

MENGENAL JENIS KOLESTROL

Kolesterol akan berpindah melalui aliran darah dalam bentuk kecil dengan mengikat protein, maka itu disebut dengan lipoprotein. Ada 2 tipe lipoprotein, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL).

Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, karena jika kadar kolesterol ini tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Akhirnya, timbul berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantungstroke, hingga gagal jantung.

Sementara itu, kolesterol HDL biasanya dianggap kolesterol baik karena membawa lemak dari bagian tubuh kembali ke hati. Jadi kolesterol baik ini akan ‘membersihkan’ semua lemak-lemak yang biasanya tertinggal di dalam pembuluh darah dan organ, agar selanjutnya dapat diolah oleh hati.

Agar Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis, maka Anda harus memiliki kadar LDL dan HDL yang normal.

PENYEBAB KOLESTROL TINGGI

Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakitnya orang tua atau orang gemuk. Padahal, anak muda dan orang bertubuh kurus juga bisa punya kadar kolesterol di atas batas normal. Kok bisa? Nah, penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab kolesterol naik untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda, juga sekaligus menghindari risiko komplikasinya di kemudian hari.

Faktanya, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya bisa dicegah hingga kondisi medis tertentu. Mana yang Anda alami?

1. Usia

periksa kesehatan bagi lansia

Penyebab kolesterol tinggi yang tidak bisa dielakkan adalah usia. Semakin tua umur kita, maka kadar kolesterol jahat cenderung semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun.

Jadi, tak heran jika kebanyakan orang lanjut usia memiliki kolesterol LDL lebih tinggi daripada anak-anak muda. Umumnya, kadar LDL akan mulai meningkat setelah Anda menginjak usia 20 tahun.

2. Makanan sehari-hari

mencerna makanan berlemak

Makanan di resto fast food yang sering kita beli saat terjepit waktu bisa jadi penyebab kolesterol terus tinggi.

Ya! Baik fast food maupun camilan junk food seperti keripik kentang kemasan umumnya tinggi kalori, garam, gula, lemak jenuh, dan lemak trans. Agar kadar kolesterol tak naik terus-terusan, berusahalah untuk menahan keinginan mengonsumsi makanan-makanan ini.

3. Malas gerak

Apa benar orang malas cenderung iq tinggi?

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tiduran atau duduk leyeh-leyeh untuk sekadar cek ponsel, menonton TV, atau bermain game?

Awas! Kebiasaan malas gerak atau minim aktivitas fisik adalah penyebab Anda berpeluang besar mengalami kolesterol tinggi. Apalagi jika Anda juga tidak memerhatikan makanan yang Anda makan setiap harinya. Sebab, tumpukan lemak akan terbiarkan terus mengendap dalam pembuluh dan tidak dibakar lewat olahraga.

4. Berat badan berlebih

obesitas

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang akibat kenaikan kolesterol. Kelebihan berat badan itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan yang buruk hingga malas olahraga.

Mulai sekarang, berusahalah untuk menjaga berat badan yang ideal supaya kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh stabil. Dengan begitu, risiko Anda mengalami berbagai penyakit kronis di kemudian hari juga lebih rendah.

5. Merokok dan alkohol

dampak negatif rokok

Asap dan racun dalam rokok bisa jadi penyebab kolesterol jahat melonjok naik di luar batas wajar.

Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang bisa mengakibatkan berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Selain merokok, Anda juga harus menghentikan kebiasaan minum alkohol. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman keras pun bisa jadi penyebab kolesterol LDL dan trigiliserida Anda naik tajam.

6. Penyakit tertentu

nefropati diabetik

Penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah riwayat penyakit yang Anda miliki. Beberapa di antaranya seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit hati dan ginjal
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Gangguan kelenjar tiroid

Obat-obatan tertentu ada juga bisa menyebabkan kenaikan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Beberapa jenis obat-obatan ini meliputi progestin, steroid anabolik, dan kortikosteroid.

7. Riwayat genetik

mudik dengan lansia

Merasa tidak melakukan berbagai hal di atas, tapi kolesterol tetap tinggi? Bisa jadi penyebab kolesterol tinggi Anda adalah genetik warisan dari orangtua, atau nenek dan kakek. Dalam istilah medis, kolesterol tinggi yang disebabkan karena genetik disebut dengan familia hiperkolesterolemia (FH).

Mutasi gen yang diwariskan dari orangtua dapat mengontrol setiap sel di tubuh kita agar tidak bisa cepat menghilangkan kolesterol LDL, atau bisa juga menyebabkan hati menghasilkan terlalu banyak LDL.

Oleh sebab itu, jika orangtua atau kakek-nenek Anda punya kolesterol tinggi, punya aterosklerosis, pernah kena serangan jantung, atau meninggal dunia karena gagal jantung mendadak sebelum usia 50 tahun, Anda sebaiknya segera check up. Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda mewarisi risiko-risiko tersebut dan menghindari masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

BAHAYA JIKA KOLESTROL TINGGI TIDAK DI OBATI

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, di mana penumpukan plak terjadi di dinding pembuluh darah arteri. Hal ini bisa menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Jika aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner), Anda mungkin akan merasa nyeri dada (angina) dan gejala penyakit jantung koroner lainnya.

Seiring waktu, plak bisa pecah dan menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak. Jika gumpalan darah cukup besar, hal ini bisa menghalangi aliran darah ke jantung dan membuat otot jantung kekurangan oksigen. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, bagian otot jantung mulai mati dan serangan jantung bisa terjadi.

Plak juga bisa terbentuk di pembuluh darah arteri pada bagian tubuh lain, selain jantung, seperti pembuluh darah arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan anggota badan. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan mengakibatkan masalah, seperti penyakit arteri karotidpenyakit arteri perifer, dan stroke.

CIRI CIRI PENYAKIT KOLESTROL TINGGI

1. Merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala

Pegal-pegal dan kesemutan adalah ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang pertama. Gejala kolesterol tinggi yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak.

2. Sakit Kepala dan Mudah Mengantuk

Selain itu, ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya adalah kecenderungan untuk lebih mudah mengalami sakit kepala. Jadi, jika Anda sering sakit kepala, bisa saja Anda tidak hanya sedang kelelahan, melainkan terkena gejala kolesterol tinggi dan asam urat. Sakit kepala ini disebabkan karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah.

3. Kesemutan

Selain itu, ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan. Jadi, jika Anda sering merasa kesemutan, jangan abaikan masalah tersebut karena bisa jadi itu tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

4. Mudah Merasa Lelah

Tidak hanya pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala, tanda kolesterol tinggi yang lainnya adalah mudah merasa lelah. Selain itu, orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi biasanya akan merasa mudah lelah walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat.

5. Susah Berkonsentrasi & Mudah Mengantuk

Siapa yang menyangka jika salah satu ciri kolesterol tinggi dan asam urat ternyata juga berhubungan dengan menurunnya daya konsentrasi seseorang. Penghambatan aliran juga dapat terjadi pada aliran darah menuju otak sehingga membuat penderita dengan gejala kolesterol tinggi menjadi susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung tanpa sebab.

6. Nyeri persendian

Ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang paling sering muncul adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian, yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, saat bangun tidur, penderita gejala asam urat tinggi dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali.

Jika Anda mengalami gejala asam urat tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah sehingga penderitanya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

7. Jantung berdebar-debar

Siapa yang menyangka bahwa jantung yang berdebar-debar juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi dan asam urat. Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan atau organ tubuh. Hal ini akan menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal.

Jika berlangsung terus-menerus maka dapat berakibat kelelahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung. Jadi jangan sepelekan ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat, agar Anda bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah kondisi tubuh memburuk.

8. Kadar kolesterol melebihi batas normal

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.

9. Tengkuk Kaku

Selain bisa dirasakan pada anggota gerak seperti kaki, ciri kolesterol tinggi dan asam urat dapat dirasakan pada bagian tengkuk. Biasanya, penderita sakit asam urat dan kolesterol tinggi akan merasa sakit di bagian tengkuk. Tengkuk akan terasa kaku dan sakit ketika digerakkan.

10. Sesak Napas

Dalam kondisi yang semakin parah, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penderita sulit untuk bernapas dengan lancar. Gejala sesak napas akibat kolesterol tinggi ini biasanya dibarengi dengan nyeri dada yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan ini, berikut ada beberapa tips untuk mencegah asam urat tinggi dan gejala kolesterol tinggi di tubuh Anda.

STOP JANGAN KUATIR

KAMI PUNYA SOLUSINYA

Penduduk Indonesia Miliki Kadar Kolesterol Tinggi

35 Persen Penduduk Indonesia Miliki Kadar Kolesterol Tinggi
35%
Sementara 30 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah
30%

MADKHO

MUKHLIS

YUSRI

DIDI

JANGAN MENUNGGU SAMPAI PARAH ATASI SEGERA SEKARANG JUGA

” BIAYA RUMAH SAKIT MAHAL ”

ATASI MASALAH KOLESTROL ANDA DENGAN MADKHO

KANDUNGAN KOMPOSISI MADKHO

MADKHO SUDAH TERDAFTAR DI BPOM RI

BUKAN MADKHO KALU BLOM ADA YANG MERSAKANYA INI ADALAH TESTIMONI DARI ORANG YANG SUDAH MERASAKAN MADKHO

Seringkali orang menunda-nunda melakukan sesuatu. Sampai akhirnya semua sudah terlambat. Jangan sepelekan masalah Kolesterol dalam tubuh anda. Jangan sampai terlambat 

ISI 350 ML CUKUP UNTUK 2 MINGGU

Dapatkan Diskon Khusus Pemesanan Hari Ini

#GARANSI UANG KEMBALI 100% JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI
#Jaminan Keamanan Dengan (COD)

PENGIRIMAN KESELURUH WILAYAH INDONESIA